Senin, 30 Maret 2009

Workshop Guru TIK SMP RSBI Jawa Tengah

Tanggal 27 s.d. 29 Maret 2009 yang lalu, menjadi hari yang sangat bermanfaat bagi teman-teman guru TIK pada SMP RSBI se-Jawa Tengah. Pasalnya pada tiga hari tersebut mereka mengadakan Workshop bersama di LPMP Jawa Tengah. Materi yang dipelajari adalah :
1. Editing Gambar dengan CorelDraw oleh Putut Joko Wibowo, S.Kom., MT (LPMP Jawa Tengah)
2. Pengenalan Macromedia Flash oleh Arry Maulana (Praktisi IT)
3. Pengenalan Web Design oleh Hari Seputro, S.Pd., MT (SMK Negeri 7 Semarang)
4. Editing Movie oleh Prio Aris Abimanyu, S.Kom.

Banyak hal yang diperoleh dari workshop tersebut. Yang paling mengesankan adalah ketika mereka belajar membuat sebuah aplikasi web dengan memasukkan hasil latihan berupa gambar hasil editing, gambar animasi dengan Flash, dan video hasil aditing sendiri.

Selamat berkarya bagi teman-teman guru TIK SMP RSBI untuk masa depan anak didiknya.

Selasa, 17 Maret 2009

Peran Ilmuwan Dalam Tauhid

Rasulullah SAW menangis di suatu tengah malam sampai membasahi tanah setelah menerima wahyu surat Ali Imran ayat 190 : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal (ulil-albab)”. “…Sungguh, celakalah bagi orang yang membacanya kemudian tidak berfikir tentangnya…” demikian sabda Rasulullah menjawab keheranan dan pertanyaan Bilal Bin Rabbah yang ketika itu datang saat menjelang subuh.

Ayat berikutnya, ayat 191, menjelaskan kriteria yang termasuk dalam golongan ulil-albab ini. “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirikan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka”.

Cukup jelas ayat ini secara spesifik ditujukan pada golongan pemikir (ulil-albab) yang mampu mengkaji, meneliti, dan memahami proses kejadian alam semesta, serta pergantian siang dan malam, dan akhirnya, berdasarkan nilai-nilai tauhid yang diimaninya, menarik kesimpulan “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka”.

Tentu, ayat ini sebenarnya dimaksudkan berlaku umum kepada mereka yang tergolong ilmuwan, apapun bidangnya, tetapi dalam ayat ini diambil salah satu contoh ilmuwan yang berkecimpung dan menekuni bidang ilmu alam (natural science) dan teknologi. Penyelidikan-penyelidikan tentang proses kejadian jagat raya dan isinya, termasuk bumi, memerlukan pengetahuan tingkat tinggi dan penelitian-penelitian di laboratorium. Informasi-informasi yang diberikan Allah dalam Al-Quran yang berkaitan dengan proses kejadian alam semesta dan pesan untuk menelitinya cukup banyak; di antaranya dapat dilihat pada surat-surat Yunus: 101, Al-Anbiya: 30, Adz-Zariyat: 47, Fushshilat: 11,12 dan 53, Al-Ghasyiyah: 17-20.

Apa yang merisaukan Rasulullah sehingga beliau menangis begitu pilu? Jawaban yang disampaikan Rasulullah kepada Bilal cukup jelas. Celakalah seseorang ilmuwan itu bila tak mampu menarik kesimpulan akhir dari hasil kajian dan penelitiannya, dalam bidang apapun, sama seperti kesimpulan yang digariskan oleh para ulil-albab itu. Kesimpulan yang mengakui secara mutlak keagungan, kebesaran, kekuasaan, dan kerahiman Allah yang tak terukur. Kesimpulan yang sekaligus juga mengakui kekerdilan manusia, keterbatasan, ketidakberdayaan, dan ketergantungannya yang mutlak kepada Sang Pencipta. Tidak dapat tidak, sepertinya hanya bisa dimiliki oleh ilmuwan yang ketauhidannya tanpa cacat. Pengakuan ketergantungan dan ketundukan mutlak para ulil-albab ini selanjutnya bisa dilihat dalam do’a mereka yang termaktub dalam 3 ayat berikutnya, Ali Imran: 192-194.

Azas Tauhid Dalam Pendidikan

Wawasan ilmu, apapun bidangnya, belum dikatakan sebagai ilmu yang bermanfaat (‘ilman nafi’a) bila tidak dilandasi oleh nilai-nilai ketauhidan yang benar. Muhammad Natsir, diusia muda 29 tahun (1937) telah menyampaikan pikiran-pikiran cerdasnya dalam majalah Pedoman Masyarakat berjudul “Tauhid Sebagai Dasar Pendidikan”. Dalam pandangan beliau, pendidikan tauhid kepada anak hendaklah diberikan seawal mungkin, selagi masih muda dan belum dibentuk, sebelum didahului oleh ideologi dan fahaman lain.

Seorang ilmuwan yang memiliki tauhid yang benar akan merasakan bagaimana potensi ilmu yang dimilikinya tak berarti apa-apa, begitu juga yang dimiliki oleh orang lain, bila dibandingkan dengan alam dan benda yang penuh misteri, apalagi terhadap ilmu Sang Penciptanya. Ilmu yang diperoleh adalah semata-mata pemberian Allah dan itupun sedikit sekali (Al-Isra’: 17).

Kemampuan akal yang disadari sangat terbatas dan karenanya rasionalitas yang dikembangkan juga diyakini sangat terbatas jangkauannya. Ia mampu menundukkan rasionalitas pemikirannya yang berkembang liar dalam memahami Al-Quran dan Hadist. Ilmuwan seperti inilah yang diharapkan sebagai cendekiawan muslim yang mampu memerankan dirinya sebagai benteng penjaga agama Allah, mampu memberikan pencerahan di tengah ummat, memperkuatnya, dan melahirkan gagasan cemerlang dan keteladanan dalam menggapai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Satu hal yang penting disadari bahwa pengetahuan dasar ketauhidan dalam tataran konsep saja tidaklah cukup tetapi haruslah dibarengi dengan pengalaman “merasakan” keagungan, kebesaran, kerahiman, dan kemahakuasaan Allah. Konsep tauhid harus diperkenalkan kepada setiap muslim sejak kecil dan berkelanjutan hingga akhir hayat. Semua peristiwa dan alam sekitar yang dilihat dan difikirkan haruslah dikaitkan dengan peran Allah sehingga dapat “merasakan” kebesaran, kerahiman, dan kekuasaan Allah sampai pada suatu tingkat suasana batin yang memiliki keyakinan mutlak padaNya.

Keyakinan mutlak bermakna bahwa Allah SWT yang Maha Esa adalah segala-segalanya sementara manusia adalah hamba yang tunduk mutlak pada kehendakNya, tidak berdaya sama sekali kecuali apa yang diberikanNya. Al-Quran diyakini sebagai pedoman mutlak yang membimbingnya dalam menyelesaikan seluruh aspek persoalan kehidupan. Rasio diposisikan sebagai sebuah potensi akal untuk memahami petunjuk-petunjuk Al-Quran dan Hadist yang berproses dalam jalur tauhid.

Tujuan Pendidikan Islam

Berangkat dari nilai ketauhidan inilah, sekurang-kurangnya ada empat objektif yang harus menyatu dalam setiap individu muslim dalam menuntut ilmu. Pertama, untuk mengenal kebesaran Allah lebih dalam lagi yang terdefinisi dalam asmaul husna. Kondisi ini memerlukan bekal pemahaman dasar ketauhidan dan keyakinan mutlak kepada Allah SWT yang menjadi benteng kokoh dari setiap konsep yang meragukanNya.

Pemahaman tauhid dalam tataran konsep tanpa keyakinan mutlak memungkinkan gagalnya seorang ilmuwan muslim mencapai objektif pertama ini. Ilmu yang berkembangpun menjadi liar tak terkendali. Barangkali, ini juga salah satu sebab mengapa sekarang ini bermunculan sarjana-sarjana muslim yang sangat mengagungkan potensi akal (rasionalisme), berfikiran aneh nyeleneh sampai berani menggugat Allah dan Rasulullah, mempertanyakan kesucian Al-Quran dan menafsirkannya sekehendak hati.

Kedua, untuk lebih memperdalam pemahaman terhadap ayat-ayat Alquran dan Hadist serta pesan-pesan Allah dan Rasulullah. Semakin dalam ilmu dipelajari, semakin luas cakrawala berfikir, semakin kritis dan tajam daya nalar dan analisis menghadapi setiap masalah. Potensi keilmuwan yang dimiliki akan lebih memudahkan memahami informasi-informasi dan pesan-pesan yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadist, baik langsung maupun melalui penjelasan-penjelasan yang diuraikan oleh para ulama.

Pemahaman tauhid yang benar akan mampu membedakan yang haq dan bathil, mampu menyaring informasi ilmu yang menyimpang dari aqidah dan ajaran Islam, mampu menyadari kemisteriusan alam, kemisteriusan sebuah benda, kemisteriusan partikel partikel yang menyusun benda, termasuk kemisteriusan tubuh dan organ yang menyusun tubuhnya sendiri.
Ketiga, menerapkan nilai-nilai Islam dalam keseharian hidupnya sebagai khalifah sehingga mampu memposisikan dirinya sebagai rahmatul lil’alamin. Pemahaman tauhid yang benar akan menghasilkan ilmuwan yang beriman dan bertaqwa, membimbingnya ke tujuan penerapan ilmu ke arah yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan dan kemaslahatan manusia serta kelestarian alam. Ia menghindar dari hal-hal yang tidak bermanfaat, terlebih-lebih lagi penerapan yang merusak dan mungkar.

Keempat, menyebarkan ajaran Islam (dakwah) ke seluruh manusia dengan cara-cara yang tepat dan bijaksana. Ilmuwan yang memiliki tauhid yang benar sangat potensial mengemban tugas dakwah seperti yang dihimbau dalam surat An-Nahl: 125, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalanNya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Ia memiliki kefahaman yang dalam tentang sifat dan karakter manusia, tahu menempatkan diri dan mengerti bagaimana bersikap dan berbuat dengan ketegaran yang seharusnya dituntut dalam mengemban tugas dakwah. Insya Allah, peran besar ilmuwan seperti inilah yang memungkinkan ajaran Islam semakin luas berkembang menyinari dan mencerahkan manusia, membuka jalan kembali ke fitrahnya.
(Disarikan dari beberapa sumber)

Jumat, 13 Maret 2009

Penyerahan Dana Pembinaan Juara LKS SMK 2009 Jawa Tengah

Tanggal 12 Maret 2009 menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh para juara LKS (Lomba Keterampilan Siswa) SMK tahun 2009 tingkat provinsi Jawa Tengah. Pasalnya hari itu diterimakan dana pembinaan bagi para juara LKS 2009. Mereka adalah :
1. ACCOUNTING 1 DUWI UTAMI SMK N 2 TEMANGGUNG
2. ACCOUNTING 2 FAJRIYATUN UMIYATI SMK N 1 CILACAP
3. ACCOUNTING 3 ABDUL RAUF SMK NU 1 KENDAL
4. ANIMATION 1 ANDRE TATAK PRATAMA SMK NEGERI 2 JEPARA
5. ANIMATION 2 AGUNG TRI BUDIARTO SMK TEXMACO SEMARANG
6. ANIMATION 3 FERIKO YULIANTO SMK N 9 SURAKARTA
7. AUTO CAD 1 DANI NORMA K SMK N 7 SEMARANG
8. AUTO CAD 2 ABDUL MAJID SMK N 2 KENDAL
9. AUTO CAD 3 MUHAMMAD NUR ASROFI SMK N 1 ADIWERNA
10. AUTOBODY REPAIR 1 CAHYA ANDRIAN KUMAGORO SMK N 7 SEMARANG
11. AUTOBODY REPAIR 2 ABIL KHASAN SMK MUH PEKALONGAN
12. AUTOBODY REPAIR 3 LUKAS SEPTIYANTO SMK KRISTEN 5 KLATEN
13. AUTOMOBILE TECHNOLOGY 1 KURNIYAWAN RUDI RUDIATMOKO SMK N 1 MAGELANG
14. AUTOMOBILE TECHNOLOGY 2 MUHAMMAD HASAN ABDULLAH SMK NU MA'ARIF
15. AUTOMOBILE TECHNOLOGY 3 SUGIYO SMK TUNAS HARAPAN PATI
16. BRICKLAYING 1 HANDRAWAN NUSETYO SMK N 7 SEMARANG
17. BRICKLAYING 2 KHUSWANUR HUDA SMK N 1 MAGELANG
18. BRICKLAYING 3 SEPTIANA SULHAMID SMK N 2 CILACAP
19. BUDIDAYA TANAMAN 1 MAHFUD SMK NEGERI 1 TEMANGGUNG
20. BUDIDAYA TANAMAN 2 KRISMAN SMK NEGERI 1 KALIBAGOR BANYUMAS
21. BUDIDAYA TANAMAN 3 AMBAR ARDHIYATNO SMK NEGERI 1 SALAM
22. CARPENTRY / CABINET MAKING 1 YULIUS DIAN SAPUTRA SMK PIKA SEMARANG
23. CARPENTRY / CABINET MAKING 2 MUHAMMAD KHUSEN SMKN 2 KENDAL
24. CARPENTRY / CABINET MAKING 3 SUTRISNO SMK SMK N 2 SALATIGA
25. CERAMICS 1 AD ROIYAN SMK N 2 JEPARA
26. CERAMICS 2 ARIF WIBOWO SMK N 9 SURAKARTA
27. CERAMICS 3 HARDIMAS SMK N 2 ADIWERNA KAB.TEGAL
28. CHEMISTRY 1 SUKARDI SMK TUNAS HARAPAN PATI
29. CHEMISTRY 2 OKKY KUNJARI NOVIANTO SMK SANTO PAULUS SURAKARTA
30. CHEMISTRY 3 GRECIA STEFANI SUYADI SMK KIMIA INDUSTRI THERESIANA SEMARANG
31. CNC MILLING 1 DIAN PUPUT PANGENTAS SMK N 1 MAGELANG
32. CNC MILLING 2 DANIES SEDA YUSEVA SMK NEGERI 7 SEMARANG
33. CNC MILLING 3 EKO BUDI SANTOSA SMK BINAWIYATA
34. COMPUTER AIDED DRAWING AND DESIGN (CADD) 1 MARVIN NOVIANTO SMK N 1 MAGELANG
35. COMPUTER AIDED DRAWING AND DESIGN (CADD) 2 ARIS SUSANTO SMK N 2 PATI
36. COMPUTER AIDED DRAWING AND DESIGN (CADD) 3 FICKY FRISTIAR SMK N 7 SEMARANG
37. CONFECTIONER / PASTRY COOK 1 ACHMAD TACHLIS SMK NEGERI 6 SEMARANG
38. CONFECTIONER / PASTRY COOK 2 KURNIANINGSIH SMK NEGERI 3 PATI
39. CONFECTIONER / PASTRY COOK 3 PUTRI ROHMA SARI SMK NEGERI 3 MAGELANG
40. COOKING 1 YOGI PRATAMA SMK PIUS X MAGELANG
41. COOKING 2 FITRI ASTUTI SMK N 3 PURWOREJO
42. COOKING 3 CITRA UNIK MAYASARI SMK N 3 KLATEN
43. ELECTRICAL INSTALATION / COMMERCIAL WIRING 1 MAHMUDI SMK BHINA TUNAS BHAKTI
44. ELECTRICAL INSTALATION / COMMERCIAL WIRING 2 TRIONO SMK N 2 KENDAL
45. ELECTRICAL INSTALATION / COMMERCIAL WIRING 3 NURCHOLIS SMK N 1 KEDUNGWUNI
46. ELECTRONIC APPLICATION / INDUSTRIAL ELECTRONICS 1 FARID RINANTO SMK N 2 PATI
47. ELECTRONIC APPLICATION / INDUSTRIAL ELECTRONICS 2 TRIYANTO NUGROHO SMK N 2 KLATEN
48. ELECTRONIC APPLICATION / INDUSTRIAL ELECTRONICS 3 HERWANTO SMK N 2 SALATIGA
49. FISHERY 1 PANJI BUDIANTO SMK N 4 KENDAL
50. FISHERY 2 EKA PUSPITASARI SMK N 4 PURWOREJO
51. FISHERY 3 EKO FREDY SUTRISNO SMK NEGERI 2 PURBALINGGA
52. GRAPIC DESIGN TECHNOLOGY 1 TOLIK RESTA SARLIL SMK NEGERI 9 SURAKARTA
53. GRAPIC DESIGN TECHNOLOGY 2 BODRO JATI IRAWAN SMK N 11 SEMARANG
54. GRAPIC DESIGN TECHNOLOGY 3 MUHAMMAD TANTOWI SMK RADEN UMAR SAID
55. HOTEL ACCOMMODATION 1 MUHAMMAD AZIZ SMK N 6 SEMARANG
56. HOTEL ACCOMMODATION 2 SURYO WIBOWO SMK N 3 KLATEN
57. HOTEL ACCOMMODATION 3 SINDHU ARIWIBOWO SMK N 4 SURAKARTA
58. INDUSTRIAL CONTROL 1 FAISHOL MURDHANI ARDHI N SMK WISUDHA KARYA KUDUS
59. INDUSTRIAL CONTROL 2 TRI SANTIKO WIDODO SMK BHINA THUNAS BHAKTI
60. INDUSTRIAL CONTROL 3 OLAN SATRIYO SMK N 7 SEMARANG
61. INFORMATION TECHNOLOGY / NETWORKING SUPPORT 1 IRWAN AGUS MAHARDIKA SMK TEXMACO SEMARANG
62. INFORMATION TECHNOLOGY / NETWORKING SUPPORT 2 FITRIYANA SMK N 1 KLATEN
63. INFORMATION TECHNOLOGY / NETWORKING SUPPORT 3 ALI SYECH ALI MUHAMMAD SMK N 2 SALATIGA
64. IT / SOFTWARE APPLICATION 1 ROBERT PRAYOGO SMK TUNAS HARAPAN PATI
65. IT / SOFTWARE APPLICATION 2 TEGUH PRAMONO SMK N 1 PURBALINGGA
66. IT / SOFTWARE APPLICATION 3 ADHE DWI YOGA SMK N 1 BAWANG
67. JEWELLERY 1 ZAID EKHSAN NUDDIN SMK N 2 JEPARA
68. JEWELLERY 2 RAHMAT SURYONO SMK N 9 SURAKARTA
69. JEWELLERY 3 KRISNANDI ROMADHON SMK N 2 ADIWERNA KAB.TEGAL
70. JOINERY 1 FRANSISKUS DEDE SUHENDAR SMK PIKA SEMARANG
71. JOINERY 2 NIAM MUSTASHOWIFIN SMK N 1 REMBANG
72. JOINERY 3 JOKO MUSTOFA SMK N 2 SALATIGA
73. LADIES AND MEN'S HAIRDRESSING 1 YUANITA RETNO ARUM SARI SMK N 3 PATI
74. LADIES AND MEN'S HAIRDRESSING 2 JEVA ROSALINA SURYANI SMK N 6 SEMARANG
75. LADIES AND MEN'S HAIRDRESSING 3 MEGA PUTRI WULANDARI SMK N 3 PURWOKERTO
76. LADIES DRESSMAKING 1 RAHMAWATI SARI SMK N 1 TENGARAN KAB. SEMARANG
77. LADIES DRESSMAKING 2 NELI KURNIATI SMK N 3 PURWOKERTO
78. LADIES DRESSMAKING 3 ELISABET SHINTA NOVIANTARI SMK N 3 KLATEN
79. LIFESTOCK / ANIMAL HUSBANDRY 1 AGUS SETIYOKO SMK N 1 BAWEN
80. LIFESTOCK / ANIMAL HUSBANDRY 2 NURJANAH SMK N 1 MOJOSONGO BOYOLALI
81. LIFESTOCK / ANIMAL HUSBANDRY 3 DEWI MUYASAROH SMK FARMING PATI
82. MARKETING 1 CHOTIMAH SMK N 1 KUDUS
83. MARKETING 2 RUSMIATUN SMK N 2 PURWOREJO
84. MARKETING 3 MELUN RUMINTEN SMK N 2 MAGELANG
85. MECHATRONICS 1 NUGRAHA PUTRA SMK N 7 SEMARANG
86. MECHATRONICS 1 WIDI ADITAMA SMK N 7 SEMARANG
87. MECHATRONICS 2 SUJUD SUPRIYANTO SMK TUNAS HARAPAN PATI
88. MECHATRONICS 2 MOH ZAENAL ABIDIN SMK TUNAS HARAPAN PATI
89. MECHATRONICS 3 HENDRO SURATNO SMK N 2 KENDAL
90. MECHATRONICS 3 MAHROJI SMK N 2 KENDAL
91. NAUTICA 1 DIMAS SETYA NUGRAHA SMK N 4 PURWOREJO
92. NAUTICA 2 SANDI SANTOSO SMK N 3 TEGAL
93. NAUTICA 3 AMRIH PRAMONO SMK N 1 PURING KEBUMEN
94. PLUMBING 1 BERBUDHI RACHMAT SMK N 3 SEMARANG
95. PLUMBING 2 JOHAN SANTOSO SMK NEGERI 2 CILACAP
96. PLUMBING 3 ARIF YULIANTO SMK N 1 MAGELANG
97. POST HARVEST TECHNOLOGY 1 RACHMAD ADI RIYANTO SMK N 1 TEMANGGUNG
98. POST HARVEST TECHNOLOGY 2 HAJAR KUSUMASTUTI SMK N 1 MOJOSONGO BOYOLALI
99. POST HARVEST TECHNOLOGY 3 SAPIR SMK N 1 KALIBAGOR BANYUMAS
100. PRINTING 1 EDI WIDAYAT SMK N 11 SEMARANG
101. PRINTING 1 NOFA ARDIYANTO SMK N 11 SEMARANG
102. PRINTING 1 ZEVRI DWI H SMK N 11 SEMARANG
103. PRINTING 2 AZIZ RUSLI SMK RADEN UMAR SAID KUDUS
104. PRINTING 2 M. ABDUL KIFLI SMK RADEN UMAR SAID KUDUS
105. PRINTING 2 M. NURUL HUDA SMK RADEN UMAR SAID KUDUS
106. PRINTING 3 MUHAMMAD IRMA AZIZ SMK AL-MU'MIN MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG
107. PRINTING 3 RASWANTO SMK AL-MU'MIN MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG
108. PRINTING 3 MUHAMMAD NURROHMAN SMK AL-MU'MIN MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG
109. PRODUCTION MACHINE 1 JEKSEN SANDI H. SMK LEONARDO KLATEN
110. PRODUCTION MACHINE 2 JOKO SUSILO SMK BINAWIYATA SRAGEN
111. PRODUCTION MACHINE 3 EDY SUHARSONO SMK N 2 PATI
112. REFRIGERATION 1 NUR ADAM SMK N 2 KENDAL
113. REFRIGERATION 2 HARTONO SMK PEMB.NASIONAL GROBOGAN
114. REFRIGERATION 3 MUHAMMAD MUAMMAR SMK N 3 PEKALONGAN
115. RESTAURANT SERVICE 1 LISA LISTYA NINGRUM SMK N 3 MAGELANG
116. RESTAURANT SERVICE 2 NOVIA IKA DEWI PRATIWI SMK PIUS X MAGELANG
117. RESTAURANT SERVICE 3 NOVA PUJI SETYAWATI SMK N 6 SEMARANG
118. SECRETARY 1 ADILINA HASIBUAN SMK N 1 KLATEN
119. SECRETARY 2 YULI RAMAYANI SMK N 1 PURWODADI
120. SECRETARY 3 HIDAYAH RUKMAWATI SMK N 1 KUDUS
121. SKIN CARE 1 GALUH SEKAR AYU SMK N 3 PURWOREJO
122. SKIN CARE 2 ARUM PUTRI MUQARRABUNA ESTE SMK N 6 SEMARANG
123. SKIN CARE 3 NITA FEBRILIANI SMK N 3 PATI
124. TEXTILE 1 SRI LESTARI SMK N 9 SURAKARTA
125. TEXTILE 2 PRAMADIDA BARUNIA SMK N 2 JEPARA
126. TEXTILE 3 SANTI FARADINA SMK N 3 PEKALONGAN
127. TOURIST INDUSTRY 1 ARIE ROCHANISAH SMK WIYASA MAGELANG
128. TOURIST INDUSTRY 2 GALUH SEKAR PRAVITA SARI SMK N 2 SEMARANG
129. TOURIST INDUSTRY 3 ARI YANTI RAHAYU SMK N 6 SURAKARTA
130. WALL AND FLOOR TILLING 1 PRIYANTO SMK N 2 PATI
131. WALL AND FLOOR TILLING 2 PRASETYO UTOMO SMK N 2 KLATEN
132. WALL AND FLOOR TILLING 3 FERIRA TYARTONO SMK N 1 WANAREJA
133. WEB DESIGN 1 ADI SEPTIONO SMK N 7 SEMARANG
134. WEB DESIGN 2 AHMAD TAJAB LUKMAN HAKIM SMK MUH. 3 GEMOLONG
135. WEB DESIGN 3 DHIYA NUR HIDAYAT SMK TELKOM SANDHY PUTRA
136. WELDING 1 AGUS PURYANTO SMK TUNAS HARAPAN PATI
137. WELDING 2 DIAN YULIANTO SMK N 2 CILACAP
138. WELDING 3 PRASETYO SMK BHINEKA KARYA SIMO BOYOLALI
139. WOOD CRAFT 1 MUHAMAD ROSYIDI SMK 2 JEPARA
140. WOOD CRAFT 2 JULI AJI SMK N 2 ADIWERNA KAB.TEGAL
141. WOOD CRAFT 3 BAYU ANDIKA SMK N 9 SURAKARTA

Bagi juara I menerima dana pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,00, bagi juara II menerima dana pembinaan sebesar Rp. 2.000.000,00, dan bagi juara III menerima dana pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,00. Dana pembinaan sebesar itu tentunya belum dipotong pajak.

Acara dilaksanakan di Aula SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang, Jalan Simpang Lima Semarang. Agenda kegiatan hari itu selain penerimaan dana pembinaan dilanjutkan dengan pengarahan bagi juara I tiap mata lomba yang akan mewakili Jawa Tengah mengikuti lomba yang sama di tingkat Nasional, yang menurut rencana dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei 2009. Hadir pada kesempatan tersebut dan berkenan memberikan pengarahan adalah Bapak Sumantoro dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Bapak Reza Pahlevi selaku Koordinator Kelompok Teknologi dan Industri Panitia LKS SMK 2009 Provinsi Jawa Tengah.

Selamat bagi para Juara dan selamat berlaga di tingkat Nasional, semoga sukses.

Kamis, 12 Maret 2009

Tasyakuran MKKTAS Kota Semarang

Tanggal 07 Maret 2009 yang lalu keluarga besar MKKTAS (Musyawarah Kerja Kepala Tenaga Administrasi Sekolah) Kota Semarang mengadakan tasyakuran atas kembalinya Tunjangan Struktural bagi Kepala Tata Usaha (Tenaga Administrasi) Sekolah. Acara berlangsung di Aula SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang, Jalan Simpang Lima, Semarang. Berkenan hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut Ketua MKKTAS Provinsi Jawa Tengah dan Ketua MKKTAS Kota Semarang. Pejabat yang hadir dan memberikan sambutan diwakili oleh Drs. Hasanudin - Wakil Kepala SMK Negeri 7 Semarang Bidang Ketenagaan dan Sarana Prasarana.
Peserta yang hadir meliputi Kepala Tata Usaha Sekolah (SMP, SMA, dan SMK) Negeri se-Kota Semarang, Kepala Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan se-Kota Semarang, dan Kepala Tata Usaha Dinas Pendidikan Kota Semarang.
Pada kesempatan tersebut disampaikan riwayat perjalanan berdirinya MKKTAS oleh Ketua MKKTAS Provinsi Jawa Tengah. Diselingi dengan hiburan solo organ, kemudian dilanjutkan dengan paparan rencana program kerja MKKTAS Kota Semarang. Acara diakhiri dengan ramah tamah.