Jumat, 02 Mei 2014

Kota Semarang Genap Berusia 467 Tahun

Rangkaian acara memeriahkan Hari Jadi Kota Semarang yang ke 467 terus mengalir tiada henti-hentinya. Setelah kemarin, Sabtu (26/4) Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Ismoyo (Semar) Manages dilanjutkan dengan Pengajian Akbar “Untukmu Semarang” (29/4) yang dipimpin Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan Habib  Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya

Di hari H, ulang tahun Semarang, Jumat (2/5) bertempat di Halaman Balaikota Semarang ceremonial upacara peringatan hari jadi ke-464 Kota Semarang telah dilaksanakan. Walikota Semarang Hendrar Prihadi, memimpin langsung pelaksanaan upacara tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut para muspida, anggota DPRD, serta kepala SKPD se-Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Hendrar Prihadi menyampaikan pujiannya terhadap Masyarakat Kota Semarang yang tetap menjaga kondusifitasnya sehingga menjadikan perkembangan kearah yang lebih positif. “Memasuki usia yang ke-467, Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya warga Kota Semarang yang telah menunjukkan kesengkuyungannya dalam menjaga kondusivitas kehidupan dan membangun Kota Semarang menjadi semakin maju“ tuturnya. Perkembangan positif ini bukan lantas kita bangga-banggakan maupun terlena, namun jadikan sebagai motivasi untuk selalu berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan Kota Semarang.

Lebih lanjut dikatakan Walikota, moment HUT ke-467 kali ini supaya di manfaatkan untuk melakukan retropeksi dan introspeksi yang lebih baik. “Karena dari situ, dapat diambil hikmah positif dari semua yang kita alami bersama serta mengevaluasi kelemahan/ kekurangan yang ada, guna nyengkuyung melakukan perbaikan serta program pembangunan di masa-masa yang akan datang”, tandasnya.

Oleh karenanya dalam tema HUT kali ini mengajak masyarakat sebagai kekuatan besar dalam pembangunan Kota Semarang yang mampu memposisikan Kota Semarang setara dengan kota-kota besar lainnya. sehingga tujuan pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat tercapai. “Bersama Masyarakat, Semarang Semakin Sejahtera” serunya dengan bergolara.

Dikatakan pihaknya kesungguhan, kerja keras dan kebersamaan antara Pemerintah dengan masyarakat tidaklah sia-sia. Dengan diraihnya 4 penghargaan di Tahun 2014 diantaranya Earth Hour City Callenge (EHCC) ketegori Natural Earth Hour Capital 2014 dari WWF Internasional. Serta yang baru saja diraih Anugrah Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai peringkat I penyelenggara Pemerintah Kota yang berprestasi paling tinggi di tingkat Nasional.

Penataan wajah Kota Semarang juga tak luput dalam agenda Walikota tahun 2014. Penataan dilakukan dengan membangun Sport Center di bekas kawasan Tri Lomba Juang serta area taman bermain yang akan menghiasi bekas pom bensin Pandanaran. “Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat serta menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Semarang” tutur Hendi dalam sambutan pada upacara Hari Jadi Kota Semarang ke 467.

Tarian Matra Drama Tradisi Dewa Ruci dari Sanggar Amerta Laksita semakin menyemarakkan upacara peringatan HUT ke-467 Kota Semarang ini. Ditambah dengan dentuman alunan music yang diiringi oleh Korps Musik DPKAD Semarang “Gema Praja Mahardhika” semakin menambah suasana uapacara peringatan semakin meriah.

Pemberian penghargaan turut serta dalam peringatan HUT. Diantaranya tanda kehormatan Satyalancana 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Penghargaan 30 tahun di terima Guru SMP 24 - Sutomo dan Bidan Puskesmas Bandarharjo - Sumarni. Untuk kategori 20 tahun, Kabid Perumahan dan Pemukiman DTKP Kota Semarang - Ali dan Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Candisari - Isma Hapsari. Dan 10 tahun berturut-turut diberikan kepada Kepala Puskesmas Lebdosari - Umi Qulsum dan Eko Agus Padang Haryanto (Kasi Analisis Kebutuhan dan Pengembangan Kantor Diklat Kota).

Hadiah dan piala bagi para pemenang lomna HUT ke 467 Kota Semarang pun diserahkan usai upacara ini. Diantaranya pemenang lomba Pasar Sehat pada Pasar Rasamala, pemenang lomba K3 PKL pada Kelompok PKL Depan Matahari, pemenag Lomba Monitoring dan Evaluasi Administrasi Pos Kampling pada Pos Kampling RT 02/ RW 01 Kelurahan Sumerejo Gunungpati , Koperasi berprestasi pada Koperasi Simpan Pinjam Arum Mulia Arta, Denok Kenang 2014 diraih oleh Wanda Hutami Sadewo dan Rizal Firmansyah Saputra.

Sementara dalam bidang seni, Utomo (Kec. Ngaliyan) dan Iin Retno Hapsari (BKD) keluar sebagai pemenang lomba dangdut tingkat SKPD se-Kota Semarang, Azada Crew sebagai pemenang lomba Dance Competion Pelajar, Rita Kurniasih sebagai pemenang lomba foto kategori foto heritage dan wisata religi. Dalam kesempatan itu pula, diserahkan pula bantuan CSR dari pihak Telkomsel yang dalam hal ini diwakili oleh GM Sales and Customer Care Region Jateng dan DIY - Rukmono Cahyadi dan GM Witel Jateng Utara PT Telkom - Rijanto Utomo berupa 1 buah Bus Wisata kepada Walikota Semarang. Rencananya bus ini dikatakan Hendrar Prihadi untuk mendukung program Ayo Wisata Semarang dalam hal sarana dan prasarana pariswisata. Pihaknya juga tak menutup kemungkinan melibatkan Warga Kota Semarang untuk memberikan nama yang pantas untuk bus tersebut dalam sayembara yang tak lama dilangsungkan, jelasnya usai upacara peringatan HUT pada Wartawan.

Sumber :
http://semarangkota.go.id/portal/index.php/article/details/kota-semarang-genap-467

Tidak ada komentar: