Rabu, 27 Mei 2009

Noda di Hari Kedua LKS SMK Nasional 2009 di Jakarta

Hari Kedua LKS SMK Nasional 2009 di Jakarta (Sabtu, 23 Mei 2009) semua bidang lomba sudah melaksanakan kegiatannya. Untuk bidang lomba yang sempat tertunda pada hari pertama sudah dapat terlaksana. Bahkan ada bidang lomba tertentu yang sudah dapat menyelesaikan lombanya pada hari itu, diantaranya adalah bidang lomba Web Design. Bidang lomba ini secara kebetulan untuk kontingen Jawa Tengah dibimbing oleh penulis.
Dari lokasi lomba banyak hal tidak terduga yang dijumpai, diantaranya panitia (dalam hal ini Event Organizer - EO) yang sepertinya (maaf) kurang/tidak berkoordinasi dengan pihak keamanan lokasi. Hal ini berdampak pada kurang amannya peserta, pendamping, maupun pengunjung. Apalagi secara bersamaan diselenggarakan di lokasi yang sama Pameran Kreasi Siswa SMK Nasional 2009. Bahkan penulis pun sempat merasakan dampak langsung (maaf) kurang/tidak amannya lokasi lomba, yaitu pindah tangannya barang bawaan penulis (tas ransel) pada orang yang tidak dikenal dan tidak bertanggung jawab - alias pencuri. Pindah tangannya barang bawaan tersebut terjadi justru di tempat ibadah (masjid) yang berlokasi di arena lomba, tepatnya di masjid parkir barat PRJ.
Hal senada ternyata juga dialami banyak orang di lokasi lomba. Menurut penuturan salah seorang petugas security, ternyata masalah keamanan secara rinci belum dikoordinasikan antara pihak EO dengan pihak security PRJ. Setelah banyaknya laporan kehilangan yang masuk ke pihak security, maka pihak security baru berinisiatif melakukan pengamanan ekstra. Mestinya hal ini tidak perlu terjadi apabila sejak jauh-jauh hari sudah bicarakan secara rinci antara pihak panitia (dalam hal ini EO) dengan pihak security lokasi.
Semoga pada penyelenggaraan perheletan nasional yang akan datang di ibukota negara ditangani oleh panitia atau EO yang lebih kompeten, sehingga para peserta dari daerah dapat memperoleh kesan yang baik di ibu kota negara - bukan kesan yang tidak baik di ibu kota negara.

Tidak ada komentar: