Rabu, 18 Februari 2009

Sehari bersama Onno W. Purbo


Tanggal 15 Februari 2009 yang lalu menjadi hari istimewa di Kampus Simpang Lima Semarang (SMK Negeri 7 - STM Pembangunan - Semarang). Hari itu ada perheletan akbar bagi kalangan guru di kota Semarang dan sekitarnya. Yaitu adanya Pelatihan TI bagi guru yang diselenggarakan oleh Klub Guru Jawa Tengah. Berkenan hadir dan membuka acara Kabid Dikdasmen Disdik Kota Semarang - Drs. Bunyamin, M.Pd. mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang. Yang bertindak sebagai penyaji adalah DR. Onno W. Purbo (Departemen Riset dan Teknologi) dan Mampuono, S.Pd. (Ketua Klub Guru Jawa Tengah).

Pada kesempatan tersebut disampaikan materi tentang Buku Sekolah Elektronik (BSE) Open Source, Antene Wajanbolic, dan Revolusi Multimedia Pembelajaran. Materi selengkapnya dapat diunduh (download) di alamat :
- http://opensource.telkomspeedy.com/bse/ untuk BSE Open Source.
- http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Wajanbolic_e-goen untuk Wajanbolic.
- http://mampuono.multiply.com/ untuk Multimedia Pembelajaran.

Dari ajang pelatihan tersebut diperoleh banyak manfaat. Secara umum para peserta mengatakan sangat tertarik untuk pemanfaatan teknologi yang telah disampaikan. Baik masalah Antene Wajanbolic maupun Multimedia Pembelajaran. Bagi guru pengajar mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), mereka sangat antusias memperhatikan paparan tentang BSE Open Source, yang pada kesempatan tersebut dicontohkan menggunakan sistem operasi komputer Ubuntu Muslim.

Tidak ada komentar: