Senin, 15 Juni 2009

Oh, Ujian Nasional SMK 2009

Bagi siswa kelas XII di tingkat SMK 3 tahun pada hari Sabtu yang lalu, tanggal 13 Juni 2009 menjadi hari istimewa. Pasalnya pada hari itu diumumkanlah hasil Ujian Nasional 2009 yang sudah mereka tempuh beberapa waktu yang lalu. Luapan kegembiraan terpancar bagi mereka yang dinyatakan lulus. Sedangkan bagi yang belum lulus berurai air mata kesedihan.

Suasana yang berbeda nampak pada siswa SMK yang 4 tahun, seperti halnya pada SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang yang berkampus di Kawasan Simpang Lima Semarang. Pada hari itu orang tua beserta siswa kelas XIII (tingkat 4) nampak agak kecewa, karena hasil ujian nasional belum dapat diketahui. Bahkan sampai tulisan ini dibuat, belum ada tanda-tanda hasil ujian dapat dilihat.

Menurut penuturan salah satu staf dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang sampai hari ini masih berada di Jakarta, menyampaikan bahwa ada sedikit kendala pada pemeriksaan lembar jawaban siswa SMK tingkat 4 di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Jakarta. Memang baru tahun ini pemeriksaan Ujian Nasional dilakukan di Jakarta, pada tahun-tahun sebelumnya pemeriksaan ujian nasional dilakukan di tingkat provinsi masing-masing.

Semoga hasil ujian nasional bagi siswa SMK 4 tahun dapat segera diumumkan, dan keterlambatan semacam ini tidak merembet pada keterlambatan pencetakan STTB (ijazah). Tunjukkan bahwa SMK Bisa !.

Tidak ada komentar: